Sukabumi – SudutLensa.Com

Perusahaan Umum Daerah ( PERUMDA ) Kabupaten Sukabumi pada tahun ini melakukan penyeleksian untuk beberapa jabatan yang kosong diantaranya jajaran Direksi dan Dewan Pengawas,hal tersebut mendapatkan tanggapan serius dari Ketua Forum Pers Independent Indonesia ( FPII ) Koorwil Sukabumi,karena menurutnya Panitia Seleksi dan yang mempunyai kebijakan dalam hal ini Bupati Sukabumi harus benar-benar memperhatikan Sumber Daya Manusia ( SDM ) dalam tubuh Perumda itu harus benar – benar mempunyai Inovasi dalam dirinya untuk Membangun,agar Visi Misi Kabupaten Sukabumi lebih baik bisa terwujud sesuai dengan apa yang diharapkan.

” Calon Direktur Utama dan Dewan Pengawas , hendaknya memiliki SDM dan integritas mengembangkan PERUMDA secara profesional. Jika pengelolaan PERUMDA ini dilakukan secara profesional, maka akan mampu berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan daerah Kabupaten Sukabumi.” Ujar Syamsul Rizal Hidayat SH,Ketua FPII KORWIL Sukabumi.

Masih kata Syamsul Rizal, menanggapi dilakukannya seleksi terbuka calon Direktur Utama dan Dewan Pengawas di Tubuh PERUMDA yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sukabum yang dimulai dari tanggal 27 Januari sampai dengan 10 Pebruari 2021 nanti, dalam pengembangan PERUMDA ini salah satu kuncinya yaitu terletak di kualitas sumber daya manusia.

“Dalam pandangan kami, salah satu kriteria utama yang nantinya akan menduduki jabatan Direktur Utama dan Dewan Pengawas ini harus memiliki basic property management. Sehingga, Dirut ini nantinya mampu mengembangkan Perumda secara profesional dan optimal. Keberadaan Perumda di Kabupaten Sukabumi ini menjadi sangat strategis jika dijalankan orang yang profesional,” ungkap Syamsul .

Artinya, lanjut Syamsul, dalam pengisian jabatan Dirut dan Dewas di Perumda ini harus memiliki keahlian dan keterampilan dalam mengelola aset pemerintah daerah. Selain itu, Syamsul pun mengharapkan, dalam rekruitmen Dirut dan Dewas ini tidak ada intervensi dari pihak manapun,Jika aset daerah itu mampu dikelola dengan baik akan memberikan kontribusi untuk pendapatan daerah, kalau dijalankan oleh orang yang profesional. Jangan ada intervensi dari pihak manapun dalam pengisian jabatan ini (Dirut maupun Dewas ). Jangan ada istilah ini titipan siapapun atau yang lainnya. Rekrutmen ini harus betul-betul transparan dan profesional.

” Dia pun mengharapkan kepada tim seleksi yang hari ini menjadi panitia seleksi rekruitmen Direktur Utama dan Dewan Pengawas agar mampu menjaring peserta yang betul-betul kompeten di bidangnya. Selain itu, panitia seleksi pun diharapkan tidak terpengaruh terhadap intervensi-intervensi dari manapun,dan bisa melakukan keterbukaan kepada Masyarakat Kabupaten Sukabumi sesuai dengan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ” Pungkasnya.

Reporter : Tim SuLe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here