Sukabumi_Sudut Lensa.Com

Sebagai salah satu lembaga pendidikan berbasis pesantren di Wilayah Nagrak, MA Al-qurtubiyah terus berupaya berbenah dan berkembang. Dengan slogan Terwujudnya Madrasah yang berbasis Imtaq,Berprestasi ,Terampil dan Mandiri  , MA Al-qurtubiyah sadar benar bahwa tantangan pendidikan sangat kompleks di masa mendatang. Untuk itu, sebagaimana lembaga pendidikan lainnya, MA Al-qurtubiyah hari ini kedatangan Tim dari Kemenag Bogor untuk melaksanakan akreditasi pada tanggal 22 -23 Oktober 2019 besok.

Berdasarkan informasi yang dihimpun,Akreditasi merupakan kegiatan penilaian (assessment) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Adapaun manfaat akreditasi diantaranya adalah memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah atau program yang dilaksanakannya berdasarkan SNP; memberikan pengakuan peringkat kelayakan; dan memberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan kepada program dan/atau satuan pendidikan yang diakreditasi dan pihak terkait,dan Tim Akreditasi kali ini diantaranya Kiki Zakiyah S Ag.M.Pdi
Drs.H.Didin Haribudin M.Pdi dari
Kemenag Bogor.

Kiki Zakiyah S Ag.M.Pdi,Ketua Tim Akreditasi di MAS Alqutubiyyah kepada awak media menjelaskan, setidaknya ada delapan standar penilaian akreditasi yang akan dinilai oleh aksesor. Pertama, standar isi, kedua, standar proses, ketiga standar kompetensi lulusan (SKL). Keempat, standar pendidik dan tenaga kependidikan, kelima, standar sarana prasarana. Keenam, standar pengelolaan. Ketujuh, standar pembiayaan dan kedelapan, standar penilaian pendidikan.

” Untuk Akreditasi sudah diatur dalam PP No.13 .Tahun 2015 tentang standar pendidikan,Permendikbud 004 hk /2017 tentang instrumen perangkat akreditasi untuk jenjang SMA / MA,dan ada sekitar
129 instrumen penilaian yang memastikan bahwa sekolah tersebut senantiasa menjaga pelayanan mutu nya
Apakah dia mempertahankan mutu yang sudah diraih atau turun,karena sekolah ini sudah dilakukan akreditasi 4 tahun kebelakang,dan hari ini kita Akreditasi lagi,” Ujarnya.

Kepala Sekolah MAS Alqurtubiyyah saat ditemui disela-sela kegiatan Akreditasi mengatakan bahwa Alhamdulillah, semua berjalan lancar berkat dukungan semua pihak. Pelaksanaan berjalan sukses karena kekompakan masing-masing tim. Tanpa kekompakan tim, tentu target tidak bisa dicapai. Saya sangat berterimakasih kepada semua sivitas akademika yang turut menyuskeskan akreditasi kali ini. Semua persiapan yang sudah dilakukan jauh-jauh hari rasa-rasanya terbayar hari ini.

“Sebagaimana pengalaman-pengalaman sebelumnya, kami sangat mengapresiasi akreditasi. Bagi kami, akreditasi tidak harus dijadikan momok bagi penyelenggara pendidikan, justru harus dijadikan momentum untuk menilai dan mengevaluasi,sebagaimana hasil akreditasi sebelumnya, 4 tahun lalu dimana MA Al- qurtubiyah memperoleh great “B”, pada penilaiannya, tahun inipun tim menargetkan hasil serupa,apalagi kalau sampai naik menjadi great ” A ” ,Pungkasnya.( SL01).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here